Mesin Starlet Kotak Berdecit

Beberapa Minggu bercengkerama dengan suara merdu macam tikus bersahut-sahutan, akhirnya usai sudah.

Awal mulanya sok tahu dan karena benar-benar tidak tahu…suara nyaring itu dari sekitaran rangkaian belt di atas kompresor AC. Iseng-iseng semprotin semua as sumbu putar belt serta belt-belt nya saya lumasin, walhasil untuk beberapa saat berhasil. Satu dua hari berikutnya muncul lagi suara-suara merdu ini, ulang lagi semprot sana-sini dan hilang lagi (meskipun tetap saja belum paham betul darimana sumber bunyi yang satu ini.

Suara ini lebih sering  muncul ketika pertama kali kita injak gas pada rpm tinggi, dari posisi berhenti seringnya. Namun ketika sudah jalan dan rpm mesin stabil damai-damai saja gakada suara itu lagi. Ketika kian lama kian makin rajin dan intens saja suara mesin satu ini, bengkel lah harapan satu-satunya….

Dan….ini dia penyebabnya….agak berbeda dari obrolan diskusi di grup penggemar yang mengulas ragam masalah penyebab suara ini..entah dudukan anunya..itunya dan personally saya sendiri juga benar-benar gak paham…begitu masalah muncul disini kok ternyata berbeda….ataukah memang penyebab itusemua banyak sekali bisa saja jadi.

Masalah utama nya di mesin ini ternyata hanya masalah belt yang sudah agak kendor dan ujung-ujung geriginya sudah pada remuk semua atau bahasa jawanya udah ‘getas’ dan ‘gempil’, dan mau gak mau wajib ganti dong, rogoh 125.000,- untuk 1 belt, bongkar-bongkar pasang, selesai. Ilang sudah dan selesailah masalah.

Ternyata ini masalahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.