Rokok Bintang Buana Filter Riwayatmu Kini

 

Sinau nulis tipis-tipis lagi,

Bintang Buana, tak terasa kurang lebih 1 dekade berlalu, dan sedikitpun tidak membumihangus jiwa ini untuk selalu menikmati rokok favorit andalan kaum marjinal “like me” yang setia mengkonsumsinya. Semenjak harga per bungkus isi 12 di banderol 4.000 rupiah di era 2006 atau 2007 an kalo gak salah, sampai hari ini yang kurang lebih harga tertinggi yang sempat terbeli di harga 15.000 rupiah per 2019 di toko kelontong tetangga terdekat. Karena kamu, kamu dan kamu akan mimpi untuk mendapatkan rokok beginian di Alfamart atau Indomaret meskipun beberapa waktu lalu sempat “nggleleng” nongol di etalase rokok CIrcle-K namun tidak lama dan enggak lagi.

“Ra urusan” dan cenderung “sak karepmu” dengan embel-embel label propaganda “embuh” yang setia nempel dengan gambar yang “nganu” pada kemasan nya, sepengamatan saya, rokok yang mayoritas dominasi peredarannya beredar luas di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah ini dan buatan PT. Bentoel Prima, Malang, Jawa Timur dan mungkin salah satu dari ini kroni Bentoel Group. Di penghujung 2019 ini perlahan namun pasti mulai hilang di peredaran, di pasar tradisional mulai langka, di toko kelontong mulai sulit didapatkan, dan jangan-jangan benar-benar hilang.

Entah apa argumentasi hilangnya peredaran rokok saudara kembar dari  Rokok Tali Jagat Filter ini, yang pasti jelas alasan ekonomi yang masuk akal dong dari pihak pabriknya sana yang kini sudah menjadi koloni anggota BAT (British American Tobacco) sehingga kenapa rokok ini perlahan menghilang. Untuk sementara ini yang hilang di peredaran kebetulan hanya Rokok Bintang Buana Filter nya saja, yang Kretek bungkus warna Orange masih ready dan sedikit aman untuk pelampiasan, dari rasa masih “unda-undi” sama hanya lebih padat dan tanpa filter saja.

Ini semua soal rasa, bukan soal pamor terkenal atau tidak dengan segala propagandanya, bukan soal harga dan tingkatan mampu atau tidak  untuk membeli, memiliki kecocokan pada sebuah produk tertentu dan sudah berjalan dalam rentang waktu yang cukup lama serasa tidaklah mudah untuk berpaling begitu saja dan serta merta terus ganti rokok A, B, C bla..bla..bla. Entah orang akan menjustifikasi sebagai rokok murahan, rokok kampungan, rokok tukang becak, “whatever” monggo saja dan silahkan dihakimi sepuasnya. Menikmati rokok yang satu ini telah membawa rangkaian cerita yang panjang dan penuh kesan mewarnai dinamika menikmati hidup di dunia.

Secara pribadi menyoal rasa,  Bintang Buana hadir di tengah antara  rasa Rokok Gudang Garam Filter dan Jarum Super, manis dan gurihnya pas. Pas gak ada duit bisa tetep terbeli, pas lapar dirokok juga enak, habis makan makin lezat, teman ngopi ya “ready” saja, diajak buat “srawung” juga “no problem“, da pas teman kehabisan rokok, ujung-ujungnya pun “payu” juga.

Kini, mencari yang satu ini akan menjadi sebuah perjuangan panjang sampai bener-bener ludes habis tanpa bekas di toko manapun, terutama di Kota Jogjakarta ya.  Iseng-iseng pantau ke Marketplace Tokopedia dan Bukalapak, ternyata ada juga yang masih baik hati untuk rela menjualnya.

Dan satu-satunya lapak yang masih menjual dengan harga masuk akal hanya si doi saja di Tokopedia , di Bukalapak ada juga sebenarnya dengan gambar yang sama, penjual yang berbeda dengan harga yang berbeda pula,itu bukan masalah, (klik link gambar untuk mantengin lapaknya ya kalau penasaran, semoga masih ready ketika membaca tulisan ini) laku 88 pcs di “capture” terakhir cerita ini di tulis (laris terus juragan yang di Magelang sana ya jualannya), lumayan kan? masih 14.500 per bungkus, tapi ada ongkir didalamnya dong tentunya, jadi ya selamat berjuang sajaaaaaaa.

Seperti itu versi cerita “nganu” yang gak penting banget dari Jogjakarta kali ini, semoga nanti atau kapan bisa bersua kembali dengan hadirnya rasa itu walau dengan baju yang berbeda ya “ora popo“, sembari menikmati si rokok “kretek” Bintang Buana untuk melepas rindu.

Salamjahat!!

#belajarjahatblog

 

Advertisements

One thought on “Rokok Bintang Buana Filter Riwayatmu Kini”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.